Sistem Peripheral Komputer \\ siskom 28-2-19

Peripheral input

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.

A. Keyboard

Hasil gambar untuk keyboard

meruapakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah – perintah lainnya.

Jenis keyboard

  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG

B. Mouse

Hasil gambar untuk mouse

Penunjuk (pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat dua pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

C. Digital camera dan webcam

Hasil gambar untuk webcam

Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.

D. Scanner

Hasil gambar untuk scanner

Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Peripheral Process

Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.

A. Random Access Memory (RAM)
RAM pada komputer adalah singkatan dari Random Access Memory atau biasa disebut dengan istilah singkat yaitu memori. RAM komputer adalah salah satu perangkat keras pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori tempat penyimpanan sementara (volatile dan temporer) pada saat komputer sedang beroperasi atau aktif serta bersifat acak (random) atau disebut juga dengan memori kinerja komputer. Jika komputer dimatikan atau tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan didalam memori ini akan hilang atau terhapus secara otomatis dan permanen.
RAM memiliki struktur yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Input storage berfungsi untuk menyimpan input yang dimasukkan melalui input device.
  • Program storage berfungsi untuk menyimpan keseluruhan instruksi-instruksi program yang akan  digunakan untuk memproses input pada process device.
  • Working storage berfungsi untuk menyimpan data-data yang akan diproses dan hasil dari pemrosesan.
  • Output storage berfungsi untuk menyimpan semua hasil akhir dari pemrosesan data yang akan ditampilkan atau dikeluarkan ke output device.
 B. VGA (Video Graphics Array/Accelerator) Card 
Kartu grafis atau VGA Card adalah kartu yang menghubungkan motherboard dengan monitor. Fungsi VGA Card adalah yang melakukan pemrosesan sehingga mengubah atau menerjemahkan sinyal digital berupa dari komputer ke monitor untuk menghasilkan output berupa visual dengan akselerasi grafis yang cepat dan tampilan yang tajam, halus dan bersih pada tampilan monitor. VGA Card sangat umum digunakan bagi pengguna yang suka bermain game atau membuat desain grafis karena dapat memaksimalkan tampilan ataupn kecepatan akselerasi video.
Jika berdasarkan dari bentuknya, VGA Card komputer terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • VGA card on board, yaitu VGA Card yang bisa dijumpai atau temukan di dalam rangkaian motherboard/mainboard itu sendiri karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat digunakan ntuk menampilkan output pada layar monitor dengan sangat baik. Performen dari jenisVGA Card on board sebenarnya cukup maksimal jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi seperti game 3D, desain grafis, editor film dan lan-lain.
  • VGA card add-on, yaitu VGA Card yang merupakan hardware terpisah yang dipasangkan sendiri pada slot sekspansi kartu grafis di motherboard atau biasa disebut VGA Card. Jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk memproses grafis tingkat tinggi seperti bermain game 3D, menggambar, membuat desain grafis, dan pengeditan film. Namun tetap harus memperhatikan kemampuan atau perfomen dari kartu grafis add-on jika memang berniat untuk menggunakannya. Tetapi VGA jenis ini hanya berlaku pada PC (Personal Computer) saja karena untuk perangkat lainnya seperti laptop atau notebook tidak menyediakan slot untuk menambahkan VGA Card add-on. Terlebih lagi jika VGA Card add-on juga dapat membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi bertambah tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja.
 C. Motherboard
Motherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya. Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
D. Power Supply (PSU) 
Power supply adalah Perangkat yang menyediakan arus listrik untuk berbagai perangkat yang terhubung dengannya, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.
E. Processor
Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer yang paling utama pada komputer. Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah. Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.
F. I/O Card
Input/Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive.

Peripheral Output

Output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolahan data. Alat keluaran terdiri atas hard copy, soft copy. Alat keluaran yang termasuk soft copy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupa suara, sedangkan alat keluaran yang berupa transparan, microfilm, atau microfiche.

A. Printer

Gambar terkait

Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

B. Monitor

Hasil gambar untuk monitor

Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

C. Speaker

Hasil gambar untuk speaker

Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.

D. Plotter

Hasil gambar untuk plotter

Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, plotter digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Hal ini sekarang biasa untuk diganti seperti printer format lebar sebagai “plotters,” meskipun mereka secara teknis tidak.

Tinggalkan Komentar