Peripheral Eksternal. Sistem Komputer 21/2/19

Pengertian Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing.

1.Peripheral utama (main peripheral)

Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer. Misalnya peripheral utama yaitu : monitor, mouse, dan juga keyboard.

2.Peripheral pendukung (auxillary peripheral)

Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk keperluan tertentu. Misalnya seperti printer, scanner, modem, wifi adaptor, web cam dan lain lain.

Peripheral Input

Keyboard

Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digunakan untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah – perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard yang kita kenal sekarang memiliki beberapa jenis port, misalnya port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis jenis keyboard :

  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis pertama pada contoh diatas yaitu QWERTY, yang bentuknya ini mirip tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

  1. type writer key
  2. numeric key
  3. function key
  4. special function key

Mouse 

Mouse adalah salah satu unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor dengan digerakkan menggunakan tangan kita. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard yang harus memasukan kombinasi key.

Scanner

Scanner adalah sebuah alat masukan yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks dari kertas misalnya yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam hard disk ataupun floppy disk dalam bentuk soft-copy. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas (hard-copy) sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar (soft-copy).

Mikropon dan Headphone

Unit input ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di-save ke dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat bercakap-cakap dengan orang yang kita inginkan pada saat chating.

Peripheral Output

Printer

merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.

Monitor

merupakan peralatan pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

LCD Proyektor

mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.

Speaker

adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mengelurakan output berupa suara.

 

source : https://wahyukode.com/perangkat-eksternal-peripheral/

http://lembahilmukomputer.blogspot.com/2016/08/perangkat-eksternal-peripheral.html

Tinggalkan Komentar